Mendes PDTT: Sudah 40.000 Desa Bentuk Relawan Lawan Corona

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 19 Apr 2020 16:32 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menggelar raker dengan Komite I DPD RI, Selasa (26/11/2019). Ini adalah raker perdana Abdul Halim Iskandar dengan DPD.
Foto: Abdul Halim Iskandar (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan sebanyak 40.000 desa sudah membentuk relawan untuk penanganan COVID-19. Data ini memenuhi sekitar 53 persen jumlah desa, dari 47 persen desa lainnya yang belum terbentuk.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini data terbaru siang hari ini ada 40.000 desa atau sekitar 53 persen yang sudah membentuk relawan desa lawan COVID-19. Tentu 40.000 desa ini memang masih dalam proses utamanya di basis-basis yang hari ini sedang menghadapi situasi. Sementara 47 persen desa lainnya masih terus berproses dan tiap hari kita melakukan pemantauan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan pembentukan relawan," kata Halim melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Minggu (19/4/2020).

Halim menyebut di desa-desa para relawan akan membentuk pos jaga desa selama 24 jam. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir mobilitas masyarakat yang masuk atau pergi ke luar desa.

"Kemudian di dalam salah satu relawan adalah membentuk pos jaga desa. Pos jaga desa ini satu hal yang sangat penting hari ini untuk memantau mobilitas warga desa baik warga desa dari dalam maupun keluar,"ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2