Fasilitas RS Corona Pulau Galang: 3 Helipad hingga 360 Ranjang

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 18 Apr 2020 13:22 WIB
Penampakan RS Corona di Pulau Galang-Batam
Presiden Jokowi saat melihat fasilitas di Pulau Galang. (Foto: dok. Istimewa/Kementerian PUPR)
Jakarta -

Rumah sakit darurat penanganan COVID-19 di Pulau Galang beroperasi. Banyak fasilitas di rumah sakit darurat ini, mulai ratusan ranjang untuk pasien hingga landasan untuk helikopter. Berikut adalah uraian selengkapnya.

Bila menilik keterangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), RS Corona di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, ini bernama resmi 'Fasilitas Observasi/Penampungan/Isolasi untuk Pengendalian Infeksi Penyakit Menular di Pulau Galang'. Ratusan ranjang disiapkan di sini.

"Kapasitas 360 bed. Ada rencana pengembangan sampai 1.000 bed, nanti sesuai kebutuhan," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga kepada detikcom, Jumat (17/4/2020).

Rumah sakit Corona di Pulau Galang (Dok PUPR)Rumah sakit Corona di Pulau Galang (Dok PUPR)

Rencana pembangunan RS Corona di Pulau Galang ini pertama kali diungkap pemerintah ke publik pada 3 Maret, dan akhirnya selesai dibangun dan diresmikan Presiden Jokowi pada 6 April lalu.

Fasilitas ini memanfaatkan lahan seluas 20 hektare dari total luas area 80 hektare. Kementerian PUPR membangun fasilitas ini, keseluruhan pekerjaan berlangsung di bawah supervisi Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Kepulauan Riau, Ditjen Cipta Karya. Bertindak selaku kontraktor pelaksana adalah PT Waskita Karya dan PT Wijaya Karya, sedangkan konsultan manajemen konstruksi adalah PT Virama Karya.

Berikut adalah daftar fasilitas RS Corona di Pulau Galang:

RS Corona di Pulau Galang Siap Dioperasikan, Kapasitas 360 Bed:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2