Round-Up

Di Balik Parodi Kera Sakti oleh Tenaga Medis Banjarnegara

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 18 Apr 2020 07:39 WIB
Tenaga medis parodi Kera Sakti
Foto: Dok: Twitter
Jakarta -

Tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam menangani kasus positif virus Corona di Indonesia. Terkadang mereka butuh hiburan setelah bekerja keras, salah satunya dengan video parodi serial TV 'Kera Sakti' yang amat populer di masanya.

Parodi 'Kera Sakti' itu diperankan petugas medis di IGD RSUD Hj Anna Lasmanah, Banjarnegara, Jawa Tengah, sekitar pukul 00.30 WIB, Kamis (16/4). Tak hanya tenaga medis, ada juga petugas layanan kebersihan yang ikut dalam video.


Mereka membuat parodi Kera Sakti bukan saat bertugas, melainkan ketika istirahat setelah selesai merawat pasien kasus orang dalam pemantauan (ODP) Corona. Akun TikTok @aayaa1214 mengunggah video itu. Dokter Riayani Suripto selaku pemilik akun tersebut menceritakan kisah di balik pembuatan video yang viral itu.

"Itu kemarin, tanggal 16 (April) waktu shift malam, kebetulan itu dokter jaganya saya. Nggak cuma perawat, tapi ada dokter dan cleaning service juga. Pas jaga malam setengah satu dini hari," kata Riayani saat dihubungi detikcom, Jumat (17/4/2020).

Kera Sakti tak asal dipilih sebagai tema pembuatan video itu. Mereka berpikir belum ada vaksin untuk virus Corona sehingga harus mencarinya ke tempat jauh seperti halnya Sun Go Kong mencari kitab suci.

"Spontan saja, dari omong-omongan 'Kok nggak ada vaksinnya sih, apa harus mencari ke Barat dulu biar dapet?' kayak gitu. Muncullah ide itu, 'Kok kayak Sun Go Kong sih nyari kitab suci ke Barat', spontan saja. Terus apa kita bikin TikTok aja," terang Riayani.

Tonton juga video 46 Tenaga Medis RS Kariadi Tertular COVID-19, Kini Jalani Isolasi:

Selanjutnya
Halaman
1 2