BNPP Ungkap Kendala dalam Tangani Pandemi Corona di Perbatasan RI

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 14:57 WIB
Plt Sekretaris BNPP, Suhajar (Foto: Dok. BNPP)
Plt Sekretaris BNPP, Suhajar (Foto: Dok. BNPP)
Jakarta -

Pemerintah masih menangani wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengungkapkan adanya kendala dalam penanganan COVID-19 di perbatasan negara.

"Jelas ya kendala kita pasti ada karena seperti yang saya gambarkan tadi, di tujuh PLBN sendiri itu relatif kendala-kendala bisa kita atasi," kata Plt Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro dalam keterangan tertulis, Jumat (17/4/2020).

Kendala yang dimaksud salah satunya mengenai kedatangan warga negara Indonesia (WNI) melalui perbatasan. Suhajar mengatakan hal itu membuat petugas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) kerap kewalahan.

"Misalnya kedatangan WNI yang cukup banyak dalam sehari misalnya bisa ratusan di PLBN membuat petugas-petugas di lapangan kelelahan, tapi kita bisa atasi dengan jam kerja dan pembagian tugas," ujarnya.

Kemudian kurangnya sarana dan prasarana medis untuk penanganan COVID-19 di perbatasan. Khususnya di wilayah kecamatan.

"Kendala-kendala lain yang lebih serius saya pikir adalah di kecamatan-kecamatan perbatasan yang saya gambarkan tadi tidak mempunyai kelengkapan yang cukup karena memang sebagaimana kita ketahui, perlintasan batas kita ini selain yang resmi, juga (ada) jalur yang tidak resmi. Ini yang ditangani oleh PAM perbatasan," papar Suhajar.

Tonton juga video Jeritan Hati Sopir Ambulans Makamkan Jenazah Pasien Corona di Jakarta:

Selanjutnya
Halaman
1 2