14 ABK KM Kelud Positif Corona, Dirawat di RS Galang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Apr 2020 12:34 WIB
KM Kelud (Foto: dok. PT Pelni)
KM Kelud (Foto: dok. PT Pelni)
Tanjungpinang -

Sebanyak 14 awak KM Kelud positif tertular COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan di Batam, Kepulauan Riau.

"Dari 15 orang yang diambil (sampel) swab-nya, 14 orang dinyatakan positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Jumat (17/4/2020), seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, hasil pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat yang dilakukan pada anak buah kapal KM Kelud saat singgah di Batam menunjukkan 40 awak kapal itu menurut indikasi berpotensi terserang virus Corona penyebab COVID-19.

Sebanyak 39 dari awak kapal itu kemudian ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Galang, Batam. Sementara satu orang lainnya ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Otorita Batam.

"Dari 40 orang ABK ini, baru 15 orang yang diketahui hasil (pemeriksaan) swab, sedangkan sisanya dalam waktu dekat," kata Tjetjep.

Simak video Pelni Labuhkan KM Kelud Gegara Satu Petugas Kapal PDP Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2