Pangdam Cendrawasih ke KKSB: Kembali ke Pangkuan NKRI dan Bangun Papua

Saiman - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 20:40 WIB
Kapolda Papua dan Pangdam Cenderawasih menampilkan hasil operasi TNI-Polri dalam menindak KKSB di Timika (Saiman/detikcom)
Kapolda Papua dan Pangdam Cenderawasih menampilkan hasil operasi TNI-Polri dalam menindak KKSB di Timika. (Saiman/detikcom)
Timika -

Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab mengajak kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) membangun Papua bersama. Dia juga mengajak setiap elemen untuk mengajak KKSB untuk kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya mengajak elemen, tokoh masyarakat untuk bekerja sama mengajak, menyadarkan kelompok separatis Papua dan simpatisan kembali ke pangkuan NKRI, untuk membangun Papua lebih maju," kata Mayjen Herman di Mako Brimob Batalion B Timika, Kamis (16/4/2020).

Hingga saat ini, KKSB masih kerap melakukan penyerangan terhadap aparat. KKSB juga melakukan kekerasan terhadap masyarakat salah satunya membakar Gereja Kemah Injil Indonesia, Klasis Mimika, Jemaat Sinai, di kawasan Opitawak, Tembagapura. WN Selandia Baru dan 2 WNI juga jadi korban penembakan KKSB.

Banyak warga yang resah oleh kehadiran KKSB. Bahkan beberapa waktu lalu, ada ratusan warga yang mengungsi ke Timika karena KKSB terus membuat resah.