Sambut Ramadan di Tengah Corona, Grab Permudah Distribusi Pangan

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 14:27 WIB
Grab Indonesia
Foto: Dok. Grab Indonesia via www.grab.com
Jakarta -

Bulan suci Ramadan tahun ini akan terasa berbeda terlebih masih merebaknya wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Bahkan, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar kesiapan pangan jelang Ramadan diperhatikan, begitu pula dengan kelancaran distribusinya.

Menindaklanjuti hal tersebut, perusahaan teknologi Grab bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dan enam mitra usaha retail besar untuk memudahkan distribusi kebutuhan pangan masyarakat dalam menyambut bulan Ramadan yang akan berlangsung seminggu kemudian meski di tengah wabah Corona.

"Melawan pandemi virus Corona membutuhkan usaha kita bersama. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kita harus mendukung arahan pemerintah dan menjalankan peran kita dengan tetap tinggal di rumah sebisa mungkin untuk membantu membatasi penyebaran virus," ujar President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan tertulis, Kamis (16/4/2020).

Ridzki mengatakan dengan memanfaatkan layanan belanja berbasis online yang didukung oleh armada Grab yang terbesar di Indonesia, kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi dengan distribusi yang aman, terutama menyambut Hari Besar Keagamaan, termasuk Bulan Ramadan akan berlangsung sebentar lagi.

"Selain itu, kami bersyukur atas kemitraan yang akan mendorong keberlangsungan hidup mitra pengemudi dan Pengantaran kami yang terus bekerja keras untuk memastikan roda perekonomian terus berjalan. Kemitraan ini juga membantu menciptakan kesempatan pendapatan tambahan bagi mereka walaupun mobilitas sedang terbatas di negara ini," imbuhnya.

Sebagai informasi, para mitra usaha yang tergabung ini adalah perusahaan penyedia daging sapi, ayam, ikan, susu dan juga produk lainnya akan memanfaatkan platform digital Grab untuk memastikan inventaris mereka yang bervariasi tersedia bagi pelanggan Grab, dengan pengiriman yang menjangkau berbagai provinsi di Indonesia yaitu Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Lampung, Bali dan Sulawesi Selatan dengan layanan GrabExpress.

Meskipun pergerakan di berbagai kota di Indonesia telah dibatasi, Grab terus mencari cara untuk menciptakan kesempatan mendapatkan penghasilan bagi mitra pengemudi dan mitra pengantaran. Grab telah meluncurkan GrabMart, layanan pengiriman barang-barang kebutuhan sehari-hari di Jakarta dan GrabExpress Nalangin, yang membantu pelanggan di 234 kota untuk berbelanja dari rumahnya.

Lebih lanjut, Grab juga telah meluncurkan Program Bantuan Mitra, GrabCare, yang akan menyediakan bantuan finansial dan medis, mendistribusikan ribuan paket sembako, serta memberikan masker dan hand-sanitizer gratis untuk mendukung kebutuhan Mitra Pengemudi dan Pengantaran kami dalam masa yang sulit ini.

(mul/ega)