Sekelumit Curhat Warga Jalani PSBB di Tengah Corona

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 13:40 WIB
Begini suasana Pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok dengan melakukan Chek Point oleh polisi saat pemeriksaan sejumlah kendaraan di Bundara Fly Over UI, Depok, Jawa barat, Rabu (15/4/2020).  Banya pengendara yang masih mematuhi peraturan PSBB oleh Pemkot Kota Depok
PSBB (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat punya banyak cerita menarik selama menjalani pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Ada yang masih merasa biasa saja, ada juga yang melihat banyak perubahan.

Dikumpulkan dari komentar yang masuk ke detikcom, apa saja kata mereka yang sudah menjalani PSBB?

PSBB diketahui sudah berlaku di DKI Jakarta dan di daerah sekitarnya, seperti Bekasi dan Depok. Sementara di Banten, PSBB akan diberlakukan akhir pekan mendatang.

Beberapa orang menganggap tak ada perubahan dari PSBB yang sudah diberlakukan. Mereka masih melihat orang banyak berkumpul, pasar masih ramai, hingga jalan yang masih macet.

"Pasar Senen padat Pasar Kramat Jati padat... Jalanan rame," ujar Kresna, pembaca detikcom, Kamis (16/4/2020).

"PSBB Jakarta masih seperti hari-hari normal aja, belum ada perkembangan yang signifikan," ujar Willy Saputra, pembaca lainnya.

Pembaca detikcom lain, Virgo, juga mencurahkan perasaan yang sama. Menurutnya, penerapan PSBB belum maksimal.

"PSBB Jakarta belum maksimal... jalanan dari Jakpus sampai Jakarta Selatan mau ke Depok macetnya parah. Bukan PSBB namanya. Ha-ha-ha...," katanya.

Di luar Jakarta, contohnya Bogor, pun sama. Miftah Ahmad, seorang warga Bogor, mengatakan masih banyak orang yang berkumpul di sekitar rumahnya.

"Saya warga kota Bogor. Jalanan masih rame, terutama di perkampungan. Bingung mau lapor ke mana kalo ada orang kumpul-kumpul," imbuhnya.

Meski begitu, ada juga cerita mereka yang sudah merasakan perubahan signifikan karena PSBB. Salah satu pembaca detik dengan akun detik AA Predator bercerita soal pesawat rute Balikpapan-Jakarta yang ditumpanginya kosong melompong.

"Hari Sabtu kemarin terbang pulang ke Jakarta dari Balikpapan, pesawatnya Airbus A320, total penumpang hanya 10 dari total kapasitas 150-an penumpang, akhirnya setelah take off kami dipersilakan duduk di Class Business, walaupun tiketnya Economy," ceritanya.

Berlomba-lomba Bikin Vaksin Covid-19 Demi Kemanusiaan:

detikcom mengajak pembaca (detikers) untuk berbagi pengalaman bagaimana penerapan PSBB di daerah masing-masing. Pengalaman bisa berupa laporan soal pelanggaran atau cerita-cerita unik selama PSBB berlangsung.

Atau, cerita-cerita lain yang detikers anggap informatif, menarik, lucu atau unik.

Nah, kontribusi cerita detikers bisa dikirim lewat kanal Pasang Mata di halaman berikut ini https://pasangmata.detik.com/. Jangan lupa, sertakan foto dan identitas ya.

Cerita dan foto yang menarik akan redaksi muat di detikcom. Jadi tunggu apalagi, yuk berbagi cerita, solusi dan inspirasi bersama Detikers!

(zlf/van)