Viral Remaja Evakuasi Jasad Wanita dengan Sarung di Gunung Rinjani

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 17:25 WIB
Remaja mengevakuasi jasad wanita yang ditemukan meninggal di Gunung Rinjani (Screenshot video viral)
Remaja mengevakuasi jasad wanita yang ditemukan meninggal di Gunung Rinjani. (Screenshot video viral)
Jakarta -

Seorang wanita ditemukan meninggal di jalur pendakian Senaru, Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB). Korban ditemukan meringkuk di pos 4 jalur Senaru.

Video penemuan jasad korban ini tersebar di media sosial (medsos). Korban dievakuasi warga ke kaki gunung.

"Iya peristiwa tersebut benar terjadi," kata Kapolres Lombok Utara AKBP Fery Jaya Satriansyah, Rabu (15/4/2020).

Diketahui, Gunung Rinjani saat ini ditutup karena pandemi Corona. Jadi, tidak ada pendaki yang diperbolehkan mendaki.

Korban awalnya ditemukan warga yang hendak memancing. Korban ditemukan masih hidup tapi tak merespons saat diajak mengobrol. Warga kasihan melihat wanita tersebut karena hanya menggunakan perlengkapan seadanya. Mereka lalu memberikan nasi bungkus dan melanjutkan perjalanan ke Danau Segara Anak untuk memancing.

Sepulang memancing, mereka menemukan wanita tersebut dalam keadaan tengkurap dan sudah meninggal dunia. Warga yang berusia masih remaja tersebut lalu mengevakuasi korban menggunakan sarung dan batang kayu besar. Korban dievakuasi pada Minggu (12/3) dari sekitar 5,5 km jalur pendakian Senaru.

Jasad korban lalu dibawa ke RSUD Tanjung untuk menjalani visum et repertum (VER). Belum diketahui penyebab pasti meninggalnya korban.

"Mengenai penyebab kematian kami menunggu hasil VER. Untuk jenazah sudah kami serahkan kepada keluarga korban dan dari hasil penyelidikan korban memiliki riwayat gangguan jiwa," ujar Ferry.

(jbr/idh)