15 Telur Buaya Menetas di Kebun Sawit Milik Warga di Agam, Sumatera Barat

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Rabu, 15 Apr 2020 04:16 WIB
15 Ekor Buaya Menetas di Kebun Sawit Milik Warga di Agam, Sumbar.
15 Telur Buaya Menetas di Kebun Sawit Milik Warga (Foto: Sulthan Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 15 telur Buaya Muara (Crocodylus Porosus), ditemukan menetas di lahan sawit milik warga di kawasan Tiku V Jorong, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Tim Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Resor Agam, menemukan telur yang sudah menetas itu saat melakukan pemantauan rutin.

"Ada 15 ekor yang kami pantau. Sudah menetas," kata Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra, kepada detikcom, Rabu (15/4/2020).

Menurut Ade, buaya-buaya kecil itu berada di sekitar lokasi sarang eram, dan dijaga ketat induknya. Petugas, kata Ade, yang tengah memantau anak-anak buaya tersebut terkadang mendapat respon yang agresif dari induknya.

"Induknya tampak agresif melindungi anak-anaknya terhadap gangguan dan ancaman dari sekitarnya. Petugas kami yang sedang melakukan pemantauan anak-anaknya, beberapa kali mendapatkan respon agresif dari induknya.," jelas Ade.

Saat ini, kata dia, induk buaya secara alamiah telah membuat jalan menyerupai lorong yang mengarah ke rawa, tempat habitatnya semula. Untuk memastikan bayi satwa dilindungi tersebut kembali ke habitatnya, yang berjarak 100 meter dari lokasi sarang, Ade akan melakukan pemantauan secara ketat dan intensif untuk beberapa hari ke depan.

Telur buaya itu sendiri dilaporkan warga Januari lalu. Ini merupakan kejadian ketiga kalinya sejak 2018 dan 2019 lalu dengan lokasi yang tidak berjauhan.

(fas/fas)