Hakim Tolak Praperadilan MAKI, Kejagung Proses Kasus TPPU Jiwasraya

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 15:09 WIB
Gedung PN Jaksel
Foto PN Jaksel: Ari Saputra
Jakarta -

Hakim tunggal Suharno menolak gugatan praperadilan yang diajukan MAKI dkk terhadap Jaksa Agung dalam perkara dugaan penghentian penyidikan tindak pidana pencucian uang (TPPU) korupsi Jiwasraya. Hakim menyatakan berdasarkan bukti, Kejagung sudah memproses kasus TPPU Jiwasraya.

"Mengadili dalam eksepsi menolak eksepsi termohon. Dalam pokok perkara menolak permohonan permohon untuk seluruhnya," kata Suharno, di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (14/4/2020).

Hakim berpendapat berdasarkan bukti surat termohon dan jawaban tidak menunjukkan adanya penghentian penyidikan. Menurut hakim, Kejagung melakukan proses penyidikan sebagaimana bukti surat yang disampaikan ke pengadilan.

"Menimbang setelah memperhatikan berdasarkan bukti surat termohon dan jawaban, termohon melakukan proses penyidikan sebagaimana bukti surat," sambungnya.

Menanggapi hal itu, kuasa hukum MAKI, Rizky Dwi Cahyo Putra mengatakan menghormati putusan praperadilan. MAKI mengaku puas dengan putusan praperadilan tersebut karena mengetahui kasus TPPU Jiwasraya tetap berjalan.

"MAKI cukup puas dengan putusan hakim karena tujuan praperadilan sudah tercapai yaitu Kejagung telah menerapkan TPPU dalam perkara korupsi Jiwasraya," kata Rizky.

"Tujuan utama MAKI ajukan praperadilan adalah untuk memastikan Kejagung benar-benar telah menerapkan pasal TPPU korupsi Jiwasraya dan ini juga sudah tercapai dalam bentuk Kejagung menyerahkan bukti di persidangan berupa tiga surat perintah penyidikan TPPU terhadap para tersangka," imbuhnya.