BMKG Ungkap Perdebatan soal Sumber Dentuman Misterius di Jakarta

Audrey Santoso - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 12:31 WIB
Langit biru di kawasan Cipete, Mampang, Jakarta Selatan, pukul 15.30 WIB (Rahel/detikcom)
Ilustrasi langit. Foto tak berkaitan dengan berita (Rahel/detikcom)

Dia pun memberikan gambaran semisal petir terjadi di Bogor, maka tempat terjauh di utara yang dapat mendengar hanya sampai Kota Depok dan tidak sampai ke Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Untuk arah tenggara dan selatan, maka tempat terjauh yang masih dapat mendengar petir tersebut adalah daerah Gunung Gede hingga Gunung Pangrango, dan tidak sampai ke Sukabumi dan Palabuhanratu.

"Bunyi petir juga sangat khas, di mana orang awam dengan mudah mengenalinya, sementara suara pagi itu lebih mirip dentuman yang 'anatominya' berbeda dengan suara petir," ujar dia.

Terakhir, imbuh Daryono, mengenai kemungkinan kaitan suara dentuman dengan aktivitas erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK). Jika mengingat peristiwa 2 tahun silam di mana pernah memiliki pengalaman misteri suara dentuman yang terdengar oleh warga Jawa Barat dan Sumatera Selatan pada akhir Desember 2018, saat itu suara dentuman terbukti berkaitan dengan aktivitas Gunung Anak Krakatau yang sedang erupsi.

"Kini suara dentuman misterius itu muncul lagi di saat GAK juga sedang erupsi. Namun untuk saat ini, adanya dugaan dentuman bersumber dari GAK dibantah dengan alasan suara dentuman tidak terdengar di Pasauran (Banten) dan Kalianda (Lampung). Sehingga dugaan erupsi GAK sebagai sumber bunyi dentuman, kini menjadi pro dan kontra," tandas Daryono.

Diberitakan sebelumnya, warga Depok, Jawa Barat, hingga Jakarta Selatan mendengar suara dentuman dini hari ini. Dentuman terdengar beberapa kali.

Pantauan detikcom, saat itu, dentuman terdengar di kawasan Limo, Depok, mulai sekitar pukul 02.00 WIB. Suara dentuman terdengar pelan beberapa kali dengan selang waktu. Hingga pukul 02.25 WIB, dentuman masih terdengar.

Di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat, suara dentuman terdengar berkali-kali sekitar pukul 02.20 WIB. Kondisi di lokasi masih kondusif, warga tampak tidak menyadari adanya dentuman tersebut.

Sementara itu, suara dentuman juga terdengar di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, sekitar pukul 01.57 WIB. Dentuman terdengar beberapa kali hingga membuat pintu dan jendela bergetar.

Suara dentuman ini juga menghebohkan media sosial Twitter. Artis Enzy Storia menulis dirinya mendengar suara dentuman pada pukul 02.04 WIB.

Halaman

(aud/dhn)