Ustaz Ikut Terdampak Corona, Satgas COVID-19 MUI Galang Dana

Luqman N - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 20:32 WIB
Kyai Cholil Nafis
Juru bicara Satgas COVID-19 MUI, M Cholil Nafis. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Juru bicara Satgas COVID-19 MUI, M Cholil Nafis, menyebut para ustaz ikut terkena imbas dari virus Corona. Dia ingin para ustaz ikut mendapatkan bantuan.

"Teman-teman yang menjadi ustaz-mubalig dan penghasilannya dari situ banyak yang terkena imbasnya, tak kalah banyak imbasnya dari ojek online. Hal-hal seperti ini juga perlu kita bantu," kata Cholil dalam diskusi daring MUI Pusat, Senin (13/4/2020).

Satgas nantinya akan mendata pihak-pihak pengajar agama yang layak mendapatkan bantuan. Mereka memfokuskan kepada pekerja informal yang terkena dampak Corona.

"Tadi kita sudah rapat, kita ingin mendata biar tidak salah untuk menyalurkannya, termasuk ke pekerja informal, termasuk juga guru ngaji yang terkena dampak COVID-19 ini," ujar Cholil.

Cholil meminta kepada MUI daerah berinisiatif menggalang bantuan. Mereka bisa bekerja sama dengan lembaga sosial, pemerintah daerah, atau masjid-masjid.

"Pertama, yang bisa dilakukan adalah bagaimana dengan lembaga-lembaga sosial seperti Baznas atau lembaga-lembaga yang ada di daerah yang bisa dikerjasamakan. Kedua bisa dimaksimalkan koordinasi dengan pemerintah setempat, mungkin BUMD-BUMD, CSR-nya itu bisa dilakukan," jelas Cholil.

"Ketiga lembaga-lembaga masjid dan musala yang bukan wakaf bisa didistribusikan secara berkala tapi bisa dipertanggungjawabkan oleh kita," jelasnya lebih lanjut.

(dkp/dkp)