Tersangka Kasus Jiwasraya Benny Tjokro Gugat BPK dan Jampidsus

Andi Saputra - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 09:10 WIB
Gedung BPK/Foto: Istimewa
Foto: Gedung BPK/Foto: Istimewa
Jakarta -

Tersangka kasus Jiwasraya, Benny Tjokrosaputro tidak diam. Ia menggugat Auditor, BPK dan Jampidsus Kejagung Ali Mukartono. Menurut Benny, Ali dkk telah melakukan perbuatan melawan hukum atas dirinya.

Sebagaimana dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (SIPP PN Jakpus), Senin (13/4/2020), gugatan itu mengantongi nomor 199/Pdt.G/2020/PN Jkt.Pst. Gugatan itu didaftarkan pada Kamis (9/4) kemarin secara online.

Tiga pihak yang digugat yaitu auditor BPK I Nyoman Wara, BPK dan Jampidsus Ali Mukartono. Benny tidak terima dengan hasil audit BPK yang menyebut kerugian Jiwasraya lebih dari Rp 10 triliun. Benny meminta hasil audit BPK yang menjerat dirinya dibatalkan.

"Menyatakan secara hukum bahwa Tergugat I, Tergugat II dan Tergugat III lalai dalam menjalankan tugas dan Kewenangannya sehingga secara sah telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum (Onrechtmatige Daad) terhadap Penggugat," demikian bunyi petitum Benny yang menyerahkan ke kuasa hukumnya, Bob Hasan.

Tonton video Kuasa Hukum Benny Tjokro Laporkan Dirut Jiwasraya ke Polda Metro: