ADVERTISEMENT

Kasus Positif Corona di Sumbar Diprediksi Akan Meningkat hingga 21 Mei

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 13:52 WIB
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Foto: Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Kasus positif virus Corona di Sumatera Barat (Sumbar) setiap hari menunjukkan grafik peningkatan. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan sesuai hasil penelitian dari Universitas Andalas (Unand), tren peningkatan kasus positif diperkirakan terus mengalami lonjakan hingga 21 Mei.

"Prediksi dari Unand memang akan terus meningkat secara eksponensial hingga 21 Mei nanti. Tapi tentu kita harapkan tidak sampai seperti itu," kata Irwan Prayitno kepada wartawan, Sabtu (11/4/2020).

Per hari ini jumlah kasus terkonfirmasi positif di Sumbar tercatat 31 orang, 3 orang meninggal dunia. Masih berdasarkan penelitian Universitas Andalas, tren kasus virus Corona di Sumbar baru akan turun pada awal Agustus nanti.

"Baru akan turun tanggal 2 atau 3 Agustus nanti," ucap Irwan.

Irwan mengatakan, data perkiraan dan penelitian dari Universitas Andalas tersebut bisa jadi pijakan bagi Pemprov Sumbar untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Pemprov Sumbar telah menyiapkan anggaran untuk membantu masyarakat yang akan merasakan dampak secara sosial dan ekonomi.

"Sejak akhir Maret lalu kita sudah melakukan pembatasan selektif untuk warga yang masuk ke Sumbar di segala pintu masuk, baik melalui udara di Bandara Internasional Minangkabau maupun di sembilan pintu masuk melewati darat," katanya.

Tes Corona di Indonesia Tertinggal Jauh dari Negara Lain:

(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT