Masa Pandemi COVID-19, KUA Tamalate Makassar Gelar Akad Nikah di Kantor

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Sabtu, 11 Apr 2020 12:54 WIB
KUA Tamalate Makassar layani akad pernikahan di kantornya (MN Abdurrahman/detikcom)
KUA Tamalate, Makassar, melayani akad pernikahan di kantornya. (MN Abdurrahman/detikcom)
Makassar -

Di tengah masa darurat COVID-19, Kantor Urusan Agama (KUA) Tamalate, Makassar, tetap memberikan layanan menikahkan pasangan suami-istri di kantornya. Pernikahan digelar secara sederhana di dalam ruangan administrasi dan ruang Kepala KUA.

Seperti dalam pantauan detikcom di KUA Tamalate, Jalan Daeng Tata III, Sabtu (11/4/2020), beberapa pasangan yang hendak menikah ditemani keluarganya mengantre untuk dinikahkan penghulu. Calon pengantin yang hendak dinikahkan menggunakan pakaian adat, jas, dan gaun indah.

Penghulu KUA Tamalate Abdul Waris Usman mengatakan, selama April, KUA Tamalate telah menikahkan sekitar 20 pasangan di dalam kantor, sesuai protokol nikah yang diatur Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, seperti tidak ada kerumunan dan semua yang hadir diwajibkan menggunakan masker.

KUA Tamalate Makassar layani akad pernikahan di kantornya (MN Abdurrahman/detikcom)Foto: MN Abdurrahman/detikcom

"Minggu lalu kami menikahkan 9 pasang dalam sehari, dari pagi sampai sore hari, di dalam kantor," ujar Waris.

Menurut Waris, layanan KUA terakhir dilakukan hari ini. Pasangan yang hendak menikah diharuskan melakukan pendaftaran online pada 22 Maret dan dibolehkan menggelar akad nikah setelah masa pandemi berakhir.

Simak juga video Anies: Nikah Boleh di KUA, Tapi Resepsi Ditiadakan: