Kemenag Akan Gelar Manasik Online, Petugas Diminta Upgrade Kemampuan

Muhammad Ilman Nafi - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 18:03 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Gedung Kemenag (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Ditjen PHU) Kementerian Agama memastikan tidak ada kegiatan pelatihan petugas haji atau pun jemaah dengan mengumpulkan massa. Hal itu seiring dengan kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Dirjen PHU Nizar Ali mengatakan Kemenag akan membuat pelatihan petugas dan manasik haji secara online. Oleh karena itu, pembimbing jemaah dari Kemenag dan Kantor Urusan Agama (KUA) diminta untuk meng-upgrade kemampuan diri.

"Karena tidak boleh ada kerumunan, apalagi ada kebijakan pembatasan sosial berskala besar, alternatifnya adalah melalui online, teman-teman KUA ini harus di-upgrade kemampuannya untuk melakukan bimsik secara online," ujar Nizar dalam keterangan tertulis, Jumat (10/4/2020).

Nizar menuturkan, dalam waktu dekat Kemenag juga akan menyiapkan materi bimbingan manasik haji berbasis audio visual. Nantinya, materi ini dapat diunduh di laman haji.kemenag.go.id ataupun kemenag.go.id.

"Kita nanti akan siapkan bentuk manasik audio visual, dan videonya bisa di-download di web kemudian nanti videonya bisa dilihat di rumah," katanya.

Lebih lanjut, Nizar berujar, jemaah juga akan menerima materi manasik dari buku. Selain itu, Kemenag berencana menyiarkan pelatihan manasik haji melalui media massa.

Nizar meminta jajarannya mensosialisasi beberapa cara pelatihan yang bisa diikuti oleh jemaah, khususnya terkait dengan manasik online. Hingga kini, belum ada pengumuman dari pemerintah Arab Saudi untuk pembatalan penyelenggaraan ibadah haji 1441 Hijriah/2020 Masehi.

(gbr/gbr)