Mahasiswa Belajar Daring, Jawab Kuis Dosen Dapat Saldo GoPay & OVO

Reyhan Diandra - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 11:24 WIB
Fadilla Rachmasari
Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto
surakarta -

Pengumuman kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan lewat jarak jauh oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak hanya dipatuhi oleh sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA saja. Namun, perguruan tinggi juga turut diberikan imbauan untuk melaksanakan kegiatan belajar lewat daring.

Contohnya seperti Mahasiswi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), bernama Fadilla Rachmasari (21) yang kuliah di jurusan Desainer Interior. Fadilla mengungkapkan jika dirinya telah melaksanakan kuliah di rumah sejak 16 Maret lalu.

"Awalnya sudah diberikan imbauan sejak tanggal 16 Maret lalu kak hingga 28 Maret kuliah di rumahnya. Namun pihak kampus ngumumin lagi, kalau diperpanjang hingga 30 April nanti," ungkap Fadilla, saat dihubungi detikcom, Kamis (9/4/2020).

Fadilla mengungkapkan, metode pembelajaran selama ia berada di rumah kebanyakan belajar melalui aplikasi Zoom ataupun Google Class Room. Namun sering kali dosen juga, mengirimkan tugas melalui Whatsapp.

"Sistem belajarnya kadang lewat Google Classroom, kadang melalui aplikasi Zoom kak. Kita seringnya sih lewat Zoom, walaupun kadang dosen suka kasih tugas lewat grup WhatsApp", jelas Fadilla.

Saat menggunakan aplikasi Zoom dan WhatsApp Fadilla mengutarakan ada keunikan yang dilakukan dosennya agar ia dan teman-teman tidak bosan saat memahami materi pelajar.

"Seru karena saat belajar pakai Zoom kita bisa rame-rame dan materinya mudah ditangkap karena bukan audio/teks doang. Terus dosen suka kasih ke kita kuis-kuis lucu kak, kadang materinya dari pembelajaran kita kadang juga bebas secara umum bisa lewat Zoom atau WhatsApp," ungkap Fadilla.

Ketika melaksanakan kuis tersebut Fadilla mengungkapkan bahwa para mahasiswa sangat antusias untuk menjawab pertanyaan karena ada reward yang diberikan oleh dosen.

"Yang lain pada antusias banget kak buat ngejawab kuisnya, soalnya kadang suka dikasih hadiah berupa GoPay / OVO supaya kita termotivasi juga," jelas Fadilla.

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan adanya grup WhatsApp dengan para dosen seangkatan, mahasiswa dan dosen bisa lebih akrab di tengah wabah ini.

"Iya kak jadi kita juga ada WhatsApp Group gitu dari semua angkatan, terus isinya ada beberapa dosen-dosen juga. Kita jadi lebih akrab sih soalnya nyampur becanda-becanda gitu di dalam grupnya," ungkap Fadilla.

Terkait dengan kendala yang ia hadapi, menurut Fadilla koneksi internet merupakan kendala yang cukup mengganggu mengingat ia harus mengumpulkan tugas dalam waktu tertentu.

"Kendalanya kadang suka susah akses karena gak ada sinyal, lalu kadang web kampus juga suka lemot karena semuanya akses bersamaan kan kak. Jadi semoga aja deh wabah ini bisa cepet berakhir," pungkas Fadilla.

(mul/ega)