Hari Pertama PSBB DKI, Dishub Bekasi Pantau Perbatasan dengan Jakarta

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 09:46 WIB
Petugas Dinas Perhubungan memantau CCTV di ruangan NOC (Network Operation Center) di UP SPLL Dishub DKI Jakarta.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Bekasi -

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) resmi diberlakukan di DKI Jakarta hari ini. Perbatasan Jakarta-Bekasi dijaga ketat oleh Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

"Perbatasan Bekasi (dan Jakarta) itu kalau kita ada 22 titik (dijaga)," ujar Kepala Seksi Pengendalian Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bekasi Bambang Normawan Putra, ketika dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (10/4/2020).

Titik-titik yang dijaga dishub ialah wilayah perbatasan Kota Bekasi, di antaranya Jalan KH Noer Ali (Kalimalang), Jalan Sultan Agung, Jalan I Gusti Ngurah Rai (Bintara), Tol Bekasi Barat, dan Tol Bekasi Timur. Stasiun Bekasi dan Terminal Bekasi juga dijaga.

Penjagaan itu berupa monitoring lalu lintas kendaraan. Dishub akan menghitung seberapa banyak kendaraan dari Bekasi menuju Jakarta atau sebaliknya yang melintas.

"Untuk sementara kita monitoring hanya pendataan berapa traffic counting, berapa jumlah kendaraan yang ke Jakarta karena posisinya kan Jumat tanggal merah nih kita lihat penurunannya berapa, apa nanti kita bandingkan action-nya Senin itu atau nggak hari ini Jakarta seperti apa (kondisinya)," tuturnya.

Pemantauan yang dilakukan dishub, sebut Bambang, termasuk memonitor berjalannya kebijakan social distancing dalam kendaraan. Dishub turut memantau jumlah orang dalam suatu kendaraan pribadi maupun transportasi publik.

"Sesuai dengan aturannya kalau PSBB itu untuk angkutan umum sama kendaraan pribadi itu dibatasi penumpangnya, kita cek untuk sepeda motor diwajibkan 1 orang," sebut Bambang.

Pemantauan dilakukan pada pagi ini hingga siang hari. Kemudian akan dilanjutkan pada sore hari hingga malam.

"Kita hitung-hitung sekitar 70 (personel dishub dikerahkan)," tandasnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mulai hari ini sampai 14 hari ke depan. Telah diterbitkan Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 yang mengatur PSBB di Jakarta.

"Pada malam hari ini saya menyampaikan pesan untuk warga Jakarta semua terkait dengan rencana pelaksanaan PSBB yang akan kita mulai nanti malam pukul 00.00 WIB tanggal 10 April 2020," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Kamis (9/4/2020).

"Pergub ini memiliki 28 pasal dan mengatur semua kegiatan di DKI Jakarta, baik kegiatan perekonomian, sosial, budaya, keagamaan, pendidikan," ucap Anies.

Namanya Memang Pembatasan, Tapi Harus Tumbuhkan Solidaritas:

(isa/gbr)