Pelni Tegaskan KM Lambelu Lakukan Portstay di Laut Makassar

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 22:35 WIB
KM Lambelu
KM Lambelu (Foto: Kemenhub)
Jakarta -

PT Pelni (Persero) menegaskan KM Lambelu melakukan portstay atas inisiatif sendiri saat tiba di pelabuhan Makassar pada Rabu (8/4) Malam. Portstay dilakukan sebagai inisiatif Pelni akibat beberapa rute yang dilalui KM Lambelu tidak dapat disinggahi karena adanya penutupan wilayah yang dilakukan pemerintah daerah setempat.

Selain itu, portstay dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan bagi nakhoda dan petugas kapal. Portstay merupakan kapal tetap bersandar di tengah laut, tapi tidak di pelabuhan, melainkan bersandar 2 mil dari pelabuhan.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero) Yahya Kuncoro menyampaikan inisiatif ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi serta keamanan dan keselamatan seluruh petugas kapal. Yahya menyebut akibat ditutupnya pelabuhan yang dilalui KM Lambelu, kini Pelni menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan.

"Seluruh rute kapal yang dioperasikan oleh Pelni merupakan penugasan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Perhubungan. Sehingga dengan adanya penutupan sejumlah pelabuhan, terutama yang dilalui oleh KM Lambelu, harus dilakukan penyesuaian terhadap rute pelayarannya. Saat ini manajemen tengah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan," kata Yahya, dalam keterangan tertulis, Kamis (9/4/2020).

Ia mengatakan Pelni bekerja sama dengan KKP dan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terkait COVID-19. Selain itu, dilaksanakan rapid test bagi nakhoda dan seluruh petugas kapal.