Beredar Kabar Arus Angin Bawa Penyakit dalam 3 Hari ke Depan, BMKG: Hoax

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 22:08 WIB
Tanggapan BMKG terkait pesan singkat yang hoax
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui WhatsApp yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit. Isi pesan tersebut meminta masyarakat tidak ke luar rumah dalam tiga hari ke depan.

"Sebagai informasi, usahakan 3 hari ke depan seluruh anggota keluarga masing-masing di rumah, tidak keluar rumah, walau hanya untuk berjemur kalau tidak sangat terpaksa. Karena dalam 3 hari ke depan arus angin dari Utara ke arah Selatan yang membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian," demikian isi pesan singkat yang beredar.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menanggapi informasi yang beredar tersebut. BMKG memastikan informasi itu hoax.

Plt Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal menjelaskan informasi hoax tersebut bukan berasal dari BMKG. Menurutnya, isi dalam informasi itu tidak benar.

"Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Herizal dalam keterangannya, Kamis (9/4/2020).

Herizal menegaskan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Jadi, kata dia, sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara (dari Benua Asia).

"Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berembus angin dari timur-selatan (dari Benua Australia)," katanya.

(fas/fjp)