Wamenag Sebut Wapres Setuju Zikir Nasional Online untuk Tangkal Corona

Niken Widya Yunita - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 13:34 WIB
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia MUI Zainut Tauhid
Foto: Ari Saputra/Wamenag Sebut Wapres Setuju Zikir Nasional Online untuk Tangkal Corona
Jakarta -

Zikir nasional dan istighotsah akan diadakan untuk menangkal virus corona. Wapres Ma'ruf Amin pun menyetujui zikir nasional yang akan diadakan online itu.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid mengatakan, wapres telah menyetujui diadakan acara zikir nasional dan istighotsah. Wapres mengamanatkan kepada wakilnya untuk memimpin acara tersebut.

"Alhamdulillah Pak Wapres setuju, untuk teknis dan waktunya dikoordinasikan kembali," ujar Zainut kepada detikcom, Kamis (9/4/2020).

Menurut Zainut yang juga Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini, MUI juga mendukung diselenggarakan kegiatan zikir nasional dan istighotsah. Kegiatan itu untuk memohon doa kepada Allah SWT dalam rangka menangkal pandemi virus corona yang melanda bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat dunia.

Usulan menyelenggarakan zikir nasional dan istighotsah muncul pada saat Raker Kerja Komisi VIII DPR dengan Kementerian Agama. Juru bicara Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyampaikan untuk menanggulangi wabah COVID-19 perlu menghadirkan pendekatan spritual melalui istighotsah dan zikir nasional.

Istighotsah dan zikir nasional itu dengan mengajak seluruh masyarakat untuk bermunajat kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia diselamatkan dari ancaman wabah COVID-19. Dia berharap Kementerian Agama menginisiasi kegiatan tersebut dan mengusulkan agar istighotsah dan zikir nasional langsung dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga sebagai Ketua Umum MUI.

Menurut Zainut, sebagai umat beragama, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. Berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah SWT agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran, dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah, dan marabahaya termasuk pandemi virus corona.

Dalam kegiatan istighotsah akan diisi dengan bacaan-bacaan kalimat thayyibah, seperti zikir, sholawat kepada nabi dan pembacaan doa. Kegiatan tersebut bisa dikaitkan sekaligus dengan acara targhib menyongsong bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

Namun karena ada kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak aman seperti physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka pelaksanaan kegiatan istighotsah dan zikir bersama dilakukan secara online. Acara ini akan disiarkan langsung melalui televisi nasional, sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari kediamannnya masing-masing.

Untuk waktu pelaksanaan istighotsah dan zikir nasional, menurut Zainut, masih dikomunikasikan dengan berbagai pihak. Waktunya sebelum masuk puasa Ramadhan.

Pandemi Corona, Menag Imbau Salat Tarawih di Rumah:

(nwy/erd)