Polisi Utamakan Upaya Preventif soal Corona: Penegakan Hukum Langkah Terakhir

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 11:10 WIB
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adisaputra (Audrey-detikcom)
Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adisaputra (Audrey/detikcom)
Jakarta -

Polisi menegaskan akan mengedepankan upaya preventif dalam melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19). Polisi mengatakan penegakan hukum merupakan pilihan terakhir.

"Bahwa penegakan hukum yang dilakukan Polri adalah merupakan upaya yang paling akhir atau ultimum remedium. Karena yang kami kedepankan adalah pola pendekatan kepolisian yang bersifat preemptif dan juga preventif," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube BNPB, Kamis (9/4/2020).

Asep mengaku polisi akan mengingatkan dan memberikan imbauan agar para pelaku tidak melanggar hukum. Ia menegaskan penegakan hukum merupakan langkah terakhir apabila imbauan polisi tidak diindahkan.

"Aplikasinya adalah kita memberikan imbauan dan juga kita melakukan pemantauan yang sifatnya mengingatkan dan juga pencegahan. Apabila kedua upaya ini tidak efektif, maka kemudian upaya penegakan hukum menjadi pilihan terakhir untuk memberikan jaminan kepastian kepada para pelaku kejahatan tersebut," katanya.

Kasus Positif Corona Terus Naik, Perlukah Pakai APD Cover-All?:

Selanjutnya
Halaman
1 2