PGI Dukung Usulan Menag soal Jenazah Umat Kristen Disemayamkan Sehari

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 08:33 WIB
Sekretaris Umum (Sekum) Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom
Ketua Umum PGI Gomar Gultom (Foto: Ari Saputra)

Gomar memahami kesedihan umat Kristen ketika ditinggal selamanya oleh sanak saudaranya, namun keselamatan publik mesti diprioritaskan. "Saya memahami beratnya beban psikologi bagi keluarga yang berduka karena harus menghadapi kenyataan, memberangkatkan kekasih hati tanpa dihadiri oleh keluarga besar. Namun demikian, keselamatan dan kesehatan publik harus kita utamakan," ucapnya.

Diketahui, Kemenag telah mengeluarkan kebijakan pengurusan dan penguburan jenazah untuk semua agama di Indonesia. Menurutnya, kebijakan itu dibuat untuk membantu petugas mengurus pasien Corona yang meninggal dunia.

"Kementerian Agama telah mengeluarkan kebijakan dan imbauan untuk pengurusan jenazah secara Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha, termasuk penguburan dan hal-hal lain terkait penyelenggaraan jenazah, yang mengedepankan kepatuhan pada otoritas kesehatan setempat, prosedur kesehatan dan mematuhi keputusan atau imbauan majelis-majelis agama dan lembaga umat beragama, seperti MUI," ujar Fachrul.

"Ini dimaksudkan sebagai upaya untuk membantu petugas kesehatan dalam mengurus pasien COVID-19 yang meninggal dunia," imbuhnya

selanjutnya
Halaman

(isa/zap)