Walkot Minta Warga Bekasi Wajib Pakai Masker Saat di Luar Rumah

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 06:58 WIB
Calon Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menggunakan hak pilihnya di TPS 01 Pekayon, Ota Bekasi, Rabu (27/62018).
Rahmat Effendi (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Bekasi -

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meminta warga untuk selalu memakai masker saat berada di luar rumah. Aturan tersebut wajib dipatuhi warga untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Hal ini tertuang dalam surat edaran Wali Kota Bekasi nomor 443.1/2496/SETDA.Tapem tentang penggunaan masker dalam upaya mencegah penyebaran corona virus disease (COVID-19) di Kota Bekasi. Surat tersebut ditandatangani oleh Rahmat Effendi.

"Selalu menggunakan masker ketika berada atau melakukan aktivitas kegiatan di luar rumah," ujar Rahmat Effendi dalam keterangannya, Kamis (9/4/2020).

Pria yang akrab disapa Bang Pepen itu juga meminta warga untuk tidak menggunakan masker medis. Ia merekomendasikan warga untuk memakai masker kain yang mana dapat dicuci dan dipergunakan kembali.

"Diimbau agar (warga) melakukan aksi kepedulian sosial dengan mengadakan memproduksi dan membagikan masker kain kepada warga masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.

Berikut isi lengkap imbauan Wali Kota Bekasi

Berkenaan keputusan Wali Kota Bekasi nomor 443/Kep.191-Tapem/IV/2020 tentang penggunaan masker dalam upaya mencegah penyebaran corona virus disease di wilayah Kota Bekasi dan mengingat semakin meningkatnya penyebaran COVID-19 serta semakin terbatasnya ketersediaan masker medis di wilayah Kota Bekasi, dengan ini kami sampaikan kepada warga masyarakat kota Bekasi agar melakukan hal-hal sebagau berikut:

1. Tetap mengutamakan berada di rumah menjaga jarak aman sering mencuci tangan dengan sabun serta melaksanakan etika Ketika batuk dan bersin

2. Agar selalu menggunakan masker ketika berada atau melakukan aktivitas kegiatan di luar rumah

3. Tidak membeli dan atau menggunakan masker medis tetapi disarankan menggunakan masker jenis kain yang dapat dicuci dan dipergunakan kembali

4. Diimbau agar melakukan aksi kepedulian sosial dengan mengadakan memproduksi dan membagikan masker kain kepada warga masyarakat yang membutuhkan

5. Tokoh agama tokoh masyarakat ketua rw atau RT kader PKK dan organisasi kemasyarakatan lain agar senantiasa mengingatkan warga masyarakat untuk selalu menggunakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah

Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu:

(isa/eva)