Ahok Berduka Glenn Fredly Wafat: Selamat Jalan Musisi Panutan Indonesia

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 23:34 WIB
Glenn Fredly
Glenn Fredly (Rifkianto Nugroho/detikHOT)
Jakarta -

Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia hari ini. Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berdukacita.

"Selamat jalan @glennfredly309. Salah satu musisi panutan yang dimiliki oleh Indonesia. Rest In Peace," tulis Ahok di Instagram-nya, Rabu (8/4/2020).

Dalam Instagram-nya itu, Ahok juga mem-posting fotonya bersama Glenn yang sedang berbincang. Suasana di foto itu, Ahok dan Glenn seperti berada di salah satu bioskop.

Untuk diketahui, selain menjadi penyanyi, Glenn Fredly merupakan sosok yang sering vokal di dunia sosial dan politik. Glenn juga diketahui bersama sejumlah organisasi, seperti Kontras, Walhi, dan sejumlah organisasi lain, mengkampanyekan budaya Voice From The East (VOTE) yang menyuarakan isu-isu sosial, perdamaian, hingga lingkungan di Indonesia timur.

Pelantun lagu 'Januari' ini juga tidak segan menyampaikan pendapat terkait isu-isu politik. Seperti yang disampaikan dalam cuitannya pada 29 November 2019, Glenn menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo agar tidak memperpanjang izin operasional organisasi yang memiliki track record radikal dan intoleran.

"Pak Jokowi, organisasi yang punya track record radikal dan intoleran seharusnya tidak diberi ruang apalagi diperpanjang ijin, depresi sosial akibat polarisasi jangan dijadikan catur politik praktis terus pak... Kepercayaan tetaplah kepercayaan, jangan dinegosiasikan" cuitnya kala itu.

Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020 pukul 18.47 WIB. Pihak keluarga menjelaskan bahwa sebelum meninggal, Glenn memang sempat menjalani rawat inap di salah satu rumah sakit di Cilandak, Jakarta Selatan.

View this post on Instagram

Selamat jalan @glennfredly309. Salah satu musisi panutan yang dimiliki oleh Indonesia. Rest In Peace.

A post shared by Basuki T Purnama (@basukibtp) on Apr 8, 2020 at 7:39am PDT

(zap/eva)