PN Jakpus Bebaskan Terdakwa Pembunuhan Karyawan Istaka Karya

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 19:48 WIB
Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
Foto Gedung PN Jakpus: Ari Saputra
Jakarta -

Anggota tim Advokasi Papua, Michael Hilman mengapresiasi putusan sela Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) terhadap terdakwa Mispo Gwijangge (MG) dalam kasus pembunuhan karyawan PT Istaka Karya di Kabupaten Nduga, Papua. Michael menyebut majelis hakim menyatakan menerima eksepsi yang diajukan tim penasihat hukum, sehingga terdakwa MG bebas.

"Tim Advokasi Papua, selaku kuasa hukum dari Sdr MG mengapresiasi putusan sela yang dibacakan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, yang mana dalam putusan sela, dalam perkara Nomor 1375/Pid.B/2019/PN.Jkt.Pst yang dibacakan pada tanggal 08 April 2020, Majelis Hakim PN Jakarta Pusat menerima Eksepsi Penasehat Hukum dari Sdr. MG," kata Michael, dalam keterangan press rilisnya, Rabu (8/4/2020).

Michael mengatakan putusan sela itu menyatakan dakwaan JPU tidak dapat diterima. Dengan demikian tuntutan terhadap terdakwa tidak dapat dilanjutkan dan MG dibebaskan.

"Dan menyatakan dakwaan Jaksa Penuntut Umum Nomor PDM/35/R.1.16/EKU.1/09/2019 tidak dapat diterima sehingga proses penuntutan tidak dilanjutkan dan MG dikeluarkan dari tahanan yang mana MG telah ditahan sewenang-wenang selama 333 hari," lanjut Michael.

Michael berharap dengan diterimanya eksepsi tim kuasa hukum terkait kasus ini dapat dijadikan pembelajaran bagi aparat penegak hukum (APH) untuk menerapkan prinsip kehati-hatian. Terutama APH yang berada di wilayah Papua dan Papua Barat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3