Imbas Corona, 42 Hotel di Sulsel Tutup Sementara

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 17:45 WIB
ilustrasi corona
Foto ilustrasi Corona
Makassar -

Sebanyak 42 hotel di Sulawesi Selatan (Sulsel) berhenti beroperasi akibat pandemi virus Corona. Hotel yang ditutup pengelolanya adalah kelas bintang 4 ke bawah yang tersebar di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

"Hotel-hotel ini ditutup akibat rendahnya okupansi yang hanya sekitar 2 sampai 4 persen, jumlah hotel ditutup bisa bertambah setiap hari jika situasi pandemi belum membaik," ujar Anggiat Sinaga, Ketua DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), saat dikonfirmasi, Rabu (8/4/2020).

Anggiat menambahkan dampak penutupan hotel juga berimbas pada 1.600-an karyawan dan pegawai hotel yang terpaksa dirumahkan dengan pemberian gaji/tunjangan yang berbeda tiap-tiap hotel.

Beberapa hotel yang ditutup di antaranya hotel legendaris di Makassar, seperti Hotel Makassar Golden, yang menjadi landmark Pantai Losari serta Hotel Pantai Gapura dan Hotel Singgasana (eks Hotel Marannu).

Anggiat berharap, di tengah situasi pandemi COVID-19, ada kepedulian pemerintah, dengan memberikan kebijaksanaan penghentian sementara penarikan Pajak Hotel Restoran sebesar 10 persen bagi hotel yang masih beroperasi. Sebelumnya, hotel-hotel juga telah mendapat keringanan dengan penghentian sementara Pajak Penerangan Jalan.

"Kami sudah menyurati Pemkot Makassar untuk meminta keringanan membayar air bersih PDAM, infonya sudah didisposisi, kami harapkan juga pihak PLN bisa memberi kebijaksanaan dengan menunda pembayaran tagihan listrik bulan April mundur ke bulan Agustus, seperti yang berlaku di Sumatera Utara," pungkas Anggiat, yang juga CEO Phinisi Hospitality.

(mna/gbr)