Berdayakan UMKM, Pemprov Aceh Bikin 1 Juta Masker untuk Keluarga Miskin

Agus Setyadi - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 14:13 WIB
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (Dok Pemprov Aceh)
Foto: Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (Dok Pemprov Aceh)
Banda Aceh -

Pemerintah Provinsi Aceh bakal membuat satu juta masker untuk dibagikan kepada warganya yang masuk dalam kategori miskin saat pandemi Corona (COVID-19). Masker dibuat dengan memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kita lagi mencetak 1 juta masker kain, harganya Rp 8.500 dan itu nanti memberdayakan UMKM. Nanti kita bagikan ke keluarga miskin atau orang baru miskin dengan jumlah kepala keluarga 525 ribu," kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam konferensi pers, Rabu (8/4/2020).

Setiap keluarga miskin, jelas Nova, bakal mendapat dua masker serta sembako. Proses pembuatan masker untuk dibagikan secara gratis ini sedang dikerjakan oleh pelaku UMKM di Tanah Rencong.

Nova mengajak masyarakat Aceh untuk selalu menggunakan masker ketika keluar rumah. Dia mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahwa masker kain dapat digunakan untuk mencegah virus Corona.

"Karena keterbatasan masker medis, biarlah masker medis itu digunakan oleh para medis, kita bisa menggunakan masker kain dan bisa dicuci," jelas Nova.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto, menyampaikan mulai masyarakat perlu memakai masker guna mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi yang diberikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Kita jalankan masker untuk semua, semua harus menggunakan masker," kata Achmad Yurianto di Graha BNPB, pada Minggu (5/4).

(agse/aud)