PKH Dirumahkan Akibat Corona, Pemkot Makassar Bagi Sembako ke 60.000 KK

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 13:15 WIB
Pemkot Makassar memberikan sembako
Pemkot Makassar memberikan sembako, Foto: Noval/detik.com
Jakarta -

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membagi bantuan sembako ke 60.000 kepala keluarga yang dinilai membutuhkan. Banyak pekerja harian (PKH) hingga karyawan di Makassar yang dirumahkan akibat kebijakan pencegahan virus Corona (COVID-19).

"Sesuai pendataan yang kita lakukan sekitar 60.000 KK yang sedang kita sasar untuk mendapatkan bantuan (sembako)," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Mukhtar Tahir dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/4/2020).

Mukhtar menyebut banyak perusahaan dunia usaha di Kota Makassar yang terpaksa tutup untuk mencegah penyebaran virus Corona. Akibatnya sejumlah karyawan swasta hingga pekerja harian (PKH) dirumahkan.

"Saat ini banyak tempat kerja yang tutup dan merumahkan karyawannya, termasuk pekerja harian, karyawan rumah makan yang tutup, ojek online, pedagang asongan, pemulung difabel, juru parkir, supir angkutan anak sekolah, tukang becak, karyawan hotel," katanya.

Hari ini, sembako tersebut mulai dibagi Pemkot Makassar yang dipimpin langsung Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb. Iqbal berkeliling sejumlah permukiman di Kota Makassar untuk memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu yang sudah terdata, khsususnya mereka yang terdampak Corona.

Iqbal yang disamping aparat TNI-Polri mengunjungi permukiman warga di Kelurahan Pattingalloang Baru, Kecamatan Ujung Tanah hingga Kecamatan Rappocini.

"Tentu saja ini tanggap jawab kita semua untuk saling membantu saudara-saudara kita yang paling terdampak oleh wabah virus Covid-19 ini," kata Iqbal.

Iqbal melanjutkan, pihaknya membagikan bantuan sembako dengan menyasar mereka yang kehilangan penghasilan akibat virus Corona.

"Hari ini kita bersama TNI dan Polri membagikan kebutuhan sehari-hari, walaupun memang nilainya tidak seberapa, namun mudah-mudahan bisa sedikit meringankan kesulitan yang tengah mendera mereka" ujar Iqbal yang juga merupakan ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Makassar.

Tonton Blak-blakan Ketua Kadin: Ancaman PHK Saat Corona Melanda:

(nvl/rfs)