Ketua Komisi III Minta Polri Kerja Efektif Saat PSBB DKI: Kedepankan Persuasi

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 08 Apr 2020 13:10 WIB
Herman Hery merupakan politisi PDIP. Dia juga anggota DPR RI. Lamhot Aritonang/detikcom.
Herman Hery (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Komisi III DPR RI meminta polisi mengedepankan langkah persuasif dan lebih humanis selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Ketua Komisi III Herman Hery mengingatkan, saat ini kondisi masyarakat bukan hanya di Jakarta, sedang sudah karena penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Rakyat sedang susah. Psikologis masyarakat, bukan hanya di Jakarta, sedang tertekan oleh penyebaran virus Corona. Oleh sebab itu, aparat yang bertugas di lapangan harus mengedepankan langkah persuasif dan humanis. Ketegasan harus ditunjukkan sebagai bukti nyata kehadiran negara, tetapi prinsip profesional, modern, dan terpercaya juga mesti dipertahankan," kata Herman kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

Herman memaklumi penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2020 membuat anggaran Polri menjadi berkurang. Namun, menurut Herman, kondisi tersebut tak dapat dijadikan alasan untuk tidak menjalan tugas dan fungsi Polri secara profesional.

"Berdasarkan perpres tersebut, anggaran Polri berkurang sekitar Rp 8 triliun. Saya berharap Polri di bawah Jenderal Idham Aziz bisa melakukan penyesuaian agar fungsi Polri dalam menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat, tidak terganggu akibat pemotongan anggaran tersebut," terang Herman.

Politikus PDIP itu mengingatkan Polri agar mengantisipasi gangguan kamtibmas akibat wabah virus Corona di Indonesia, termasuk selama penerapan PSBB. Selain itu, Herman aktif menghalau hoax dan memberikan informasi yang sebenarnya ke masyarakat.

"Kepolisian mesti mengantisipasi potensi meningkatkan gangguan kamtibmas akibat pandemi COVID-19, termasuk dalam kondisi penerapan PSBB oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebagai penyelenggara kamtibmas, Polri memiliki fungsi yang strategis untuk memastikan PSBB berjalan dengan baik. Selain detail tugas dan wewenang, harus dipastikan juga masyarakat sudah mendapatkan informasi yang benar," ucap Herman.

Apa Saja yang Dilarang dan Tidak Selama PSBB?:

Selanjutnya
Halaman
1 2