1 Keluarga di Pematangsiantar Positif Corona, Gubsu: Bisa Dirujuk ke Medan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 23:55 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi saat meninjau RSUD Djasamen Saragih
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi saat meninjau RSUD Djasamen Saragih (Dok. Biro Humas dan Protokoler)
Pematangsiantar -

Satu keluarga di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19. Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan keluarga tersebut bisa dirujuk ke Medan untuk mendapat perawatan lebih baik.

Hal itu disampaikan Edy saat meninjau RSUD Djasamen Saragih, Pematangsiantar, Selasa (7/4/2020). Edy meninjau RS tersebut bersama Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah dan Bupati Simalungu JR Saragih.

Keluarga yang positif itu terdiri dari ibu, ayah dan tiga anak. Edy mengatakan keluarga tersebut bisa dirujuk ke RS yang ada di Medan jika fasilitas RSUD Djasamen Saragih tak sanggup lagi merawat keluarga yang terdiri dari lima orang itu.

"Kalau tidak mampu mengisolasi keluarga ini, bisa dirujuk ke Medan," ujar Edy.

Edy juga meminta TNI dan Polri ikut membantu mengatasi penyebaran virus corona. Edy menjelaskan TNI dan Polri harus bekerja sama dengan tim medis.

"Saya juga meminta kepada seluruh Dandim dan Kapolres untuk turun tangan membantu paramedis dan rakyat. Sama-sama kita bergandengan tangan. Kita selesaikan persoalan ini, persoalan wabah yang mendunia. Kita berusaha, Tuhan yang menentukan," ucapnya.

Edy kemudian mengecek kesiapan RS Djasamen Saragih menangani pasien corona. Menurutnya, rumah sakit harus menyiapkan ruangan khusus sesuai dengan riwayat pasien.

"Kalau ada pasien PDP, siapkan bangsalnya, tapi harus lihat riwayatnya. Pasien yang berisiko positif dan yang negatif, pisahkan kamarnya. Kalau riwayat positif masuk ke sini, yang negatif harus disiapkan juga," jelasnya.

(lir/lir)