Mensos Bagikan Sembako Rp 150 Ribuan Per Minggu Khusus Pekerja Harian DKI

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 19:04 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara
Mensos Juliari Batubara (Foto: Muhammad Ridho)

Kemensos Siapkan Sembako Rp 200 Ribu di DKI Sebelum Bansos Khusus dari Jokowi

Kemensos juga akan menyiapkan paket sembako senilai Rp 200 ribu di luar bantuan khusus yang akan diberikan Presiden Jokowi. Bantuan itu akan mulai disalurkan besok sebelum bantuan dari Jokowi diberikan.

"Saat ini atau besok kami akan turunkan paket sembako senilai Rp 200 ribu per paket, hanya untuk di DKI. Kenapa ini kita lakukan? Ini untuk menjembatani kekosongan saat ini dengan rencana yang bansos khusus dari Presiden yang untuk Jabodetabek," Juliari.

Diketahui, bansos khusus berupa sembako senilai Rp 600 ribu per bulan yang disiapkan Presiden Jokowi akan mulai disalurkan pada 20 April 2020 mendatang. Bantuan dari Kemensos diberikan agar masyarakat tak menanyakan perihal bantuan sembako tersebut.

"Jadi supaya di lapangan ada kita isi, jangan kosong, nanti orang bertanya-tanya, beritanya sudah viral, orang sudah ribut, tapi di lapangan belum ada apa-apa," ujarnya.

Juliari mengatakan bansos sembako diambil dari anggaran Kemensos. Kemensos tak meminta tambahan anggaran untuk paket bantuan ini.

"Yang ini Rp 200 ribu paket bansos ini menggunakan anggaran kita sendiri. Jadi kita tidak minta tambahan anggaran," tuturnya.

Halaman

(azr/gbr)