INFOGRAFIS: Panduan Pengumpulan dan Distribusi Zakat Saat Pandemi Corona

Tim Hikmah detikcom - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 18:41 WIB
Panduan pembayaran zakat di tengah pandemi corona
Panduan pengumpulan zakat di saat Pandemi Corona (Foto: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Menteri AgamaFachrul Razi menerbitkan panduan pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh di saat ada pandemi Corona atau COVID-19. Zakat maal atau zakat harta dianjurkan dipercepat pembayarannya sebelum masuk Ramadhan 1441 H.

Begitu juga dengan zakat fitrah, Menteri Agama Fachrul Razi meminta umat Islam sudah mulai membayarkannya sejak awal Ramadhan. Tujuannya agar zakat yang terkumpul nanti cepat terdistribusi kepada pihak pihak yang berhak menerima.

Panduan pengumpulan dan distribusi zakat, infaq serta shodaqoh di tengah pandemi Corona atau COVID-19.

Panduan pembayaran zakat di tengah pandemi coronaPanduan pembayaran zakat di tengah pandemi corona Foto: Mindra Purnomo/detikcom

Menteri AgamaFachrul Razi mengatakan panduan ini adalah bagian dari Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 tahun 2020, tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah Covid-19.

"Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan Syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19," kata Menag Fachrul Razi seperti dilansir Tim Hikmah detikcom dari laman resmi Kementerian Agama, Selasa 7 April 2020.

(erd/erd)