Kisah Warga Jakarta Penderita Corona: Isolasi Mandiri Akhirnya Sembuh Sendiri

Zulfi Suhendra - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 16:53 WIB
Jumlah kematian akibat virus corona di Spanyol telah bertambah menjadi 2.182 orang. Hari ini dalam 24 jam korban meninggal mencapai 462 orang.
Ilustrasi Corona (AP/Manu Fernandez)
Jakarta -

Angka kesembuhan dari virus Corona di dunia jauh lebih banyak dibanding kematian. Peluang penderita untuk sembuh pun bisa dikatakan sangat besar.

Setidaknya itu terjawab dari pengalaman yang dibagikan Simon Nainggolan, mantan penderita virus Corona. Dalam tulisan yang ia bagikan, dia bercerita soal pertama kali mengalami gejala Corona, isolasi mandiri, hingga akhirnya sembuh.

"Tulisan itu saran agar orang menganggap ini serius. Cerita memilukan pada saya bisa terjadi pada siapa saja. Maksud saya adalah agar masyarakat mematuhi pemerintah. Nggak usah ribut, berpolemik," ujar Simon saat dihubungi, Selasa (7/4/2020).

Simon awalnya bercerita ibu mertuanya mengalami demam dan sesak napas pada 14 Maret. Dia kemudian membawa ibu mertuanya ke RSU Bunda pada 18 Maret untuk dirawat. Menurut dokter, dia harus diisolasi.

Pada 20 Maret, Simon mulai merasakan demam. Demam yang ia rasakan tak kunjung turun dan pada 23 Maret dia memutuskan memeriksakan diri ke RSU Bunda. Dokter menyebut Simon suspect COVID-19 dan belum dinyatakan positif.

"Hari itu saya dan istri dites swab dan juga foto rontgen paru-paru. Pada hari berikutnya dokter paru-paru melihat hasil foto paru-paru saya dan suspect saya terkena COVID-19, karena ada bercak-bercak di paru-paru kanan saya. Saya diminta mengisolasi diri. Saya kemudian memilih untuk self-isolated di rumah karena kebetulan ada kamar kosong di lantai 2," kisahnya.

Kocak! Sopir Pikap Ini Jadikan Sempak Sebagai Masker:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3