Indonesia Terima Bantuan dari AS hingga China untuk Tangani Corona

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 15:55 WIB
Menlu Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Indonesia telah menerima 52 bantuan internasional untuk penanganan virus Corona. Bantuan itu berasal dari pemerintah dan swasta di sejumlah negara.

"Bantuan tersebut memang bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga dari swasta. Dari data yang ada di kami maka negara-negara yang sudah membantu antara lain adalah Jepang, Amerika, Singapura, Tiongkok, Vietnam, Korea Selatan, Australia, dan Uni Emirat Arab," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam rapat virtual dengan Komisi I DPR, Selasa (7/4/2020).

Retno mengatakan bantuan itu berupa alat kesehatan untuk penangan virus Corona. Di antaranya alat tes, masker, dan APD.

"Bantuan biasanya terkait dengan alat-alat kesehatan. Ada yang berupa masker, ada yang berupa test kit, ada yang berupa APD, dan ada juga yang berupa ventilator, ada sanitizer dan sebagainya, spray disinfektan, dan sebagainya," ujar Retno.

Menurut Retno, Turki juga menawarkan kerja sama business-to-business (B2B) terkait alat rapid test untuk Corona. Pemerintah RI, disebut Retno, masih mengkaji tawaran tersebut.

"Untuk Turki tawarannya adalah sebenarnya yang kami pantau, Pak, ya, tawarannya adalah mengenai kerja sama pengadaan rapid test, tetapi ini lebih kepada B2B. Sementara untuk pemerintah kita masih lihat kembali. Karena begini, misalnya Turki mengatakan bahwa mereka punya rapid test jenisnya ini dan sebagainya. Yang kita lakukan adalah daftar jenis rapid test ini kita sampaikan kepada tim di Gugus Tugas," jelas Retno.

"Di situ ada beberapa sub yang khusus untuk menangani masalah, katakanlah rapid test, dan kemudian mereka melakukan komunikasi dengan dubes kita yang ada di Ankara," imbuhnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2