Walkot Parepare Edukasi dan Bagikan Masker Kain ke Warga di Pasar Lakessi

Hasrul Nawir - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 12:28 WIB
Walkot Parepare membagikan masker kain gratis ke warga di Pasar Lakessi (Hasrul Nawir/detikcom)
Walkot Parepare membagikan masker kain gratis ke warga di Pasar Lakessi. (Hasrul Nawir/detikcom)
Parepare -

Wali Kota Parepare Taufan Pawe bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Parepare membagikan masker kain gratis di Pasar Lakessi, yang merupakan sentra perdagangan di Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Masyarakat juga diberi edukasi soal pentingnya memakai masker untuk mencegah penularan Corona (COVID-19).

"Setelah ada anjuran dari WHO pada 5 April, maka masyarakat wajib memakai masker apabila keluar rumah jika ada kebutuhan mendesak seperti di Pasar Lakessi ini, di sini ada kebutuhan dapur, semua orang berkumpul dan rawan. Maka kami bersama jajaran TNI dan Polri bergerak cepat memberikan edukasi diwajibkan menggunakan masker," kata Taufan, Selasa (7/4/2020)

Terkait kelangkaan masker, Taufan menyarankan agar menggunakan masker berbahan kain yang sederhana dan bisa dibuat secara mandiri.

"Masker yang dianjurkan adalah masker berbahan kain, itu bisa menahan droplet virus 70 persen, agar bukan satu kali pakai, warga diberi lebih dari satu, kotor satu, dicuci, dan satunya bisa dipakai lagi," ujar Taufan.

Walkot Parepare membagikan masker kain gratis ke warga di Pasar Lakessi (Hasrul Nawir/detikcom)Warga disarankan agar memakai masker kain karena sederhana dan dapat dipakai berulang kali setelah dicuci. (Hasrul Nawir/detikcom)

Pemkot Parepare menggandeng beberapa penjahit masker kain. Dia berharap program ini bisa memicu ekonomi UMKM.

Saat ini Pemkot Parepare baru bekerja sama dengan 7 penjahit dengan produksi 100 masker kain per hari.

"Pembagian masker ini akan berkelanjutan, semua usaha pembuatan masker kita sasar, dan tentunya langkah ini juga dapat menghidupkan home industry produksi masker kain itu, kita target 1.000 masker per hari," terang Taufan.

Tak Pakai Masker di Padang, Siap-siap Kena Denda!:

(jbr/jbr)