APD Terbatas, Petugas Medis Puskesmas di Banda Aceh Pakai Jas Hujan

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 11:49 WIB
Petugas medis di puskesmas di Banda Aceh ada yang memakai jas hujan karena kelangkaan APD (dok DPR Kota Banda Aceh)
Petugas medis di puskesmas di Banda Aceh ada yang memakai jas hujan karena kelangkaan APD. (Dok DPR Kota Banda Aceh)

Farid bersama pimpinan DPRK mendorong Pemko Banda Aceh memastikan semua tenaga medis dan paramedis harus diprioritaskan keselamatannya. Hal itu, jelasnya, karena tim medis merupakan orang yang berada di garda terdepan dalam melayani masyarakat dan melakukan upaya pencegahan COVID-19 di Kota Banda Aceh.

"Kita harus pastikan mereka terproteksi dalam menjalankan misi yang mulia ini," sebut Farid.

Farid menjelaskan, dalam sidak itu, diketahui para tenaga medis berharap pemerintah menyediakan tempat khusus yang representatif dan fasilitas khusus lainnya. Salah satunya di Rumah Sakit Meuraxa yang menjadi rumah sakit rujukan COVID-19.

"Mereka harus disediakan tempat khusus, transportasi khusus, agar mereka merasa aman dan nyaman saat menjalani tugas menangani para pasien, sekali lagi ini perlu dipastikan oleh pemerintah," bebernya.

Selain itu, Farid meminta masyarakat meningkatkan rasa empati terhadap tenaga medis dan paramedis. Warga diharapkan tidak menolak keberadaan petugas medis setelah melayani pasien.

"Kita harus berkontribusi membantu saudara-saudara kita, apalagi tenaga medis dan paramedis sudah banyak berkorban dalam penanganan pasien COVID-19," ujarnya.

Halaman

(agse/jbr)