APD Terbatas, Petugas Medis Puskesmas di Banda Aceh Pakai Jas Hujan

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 11:49 WIB
Petugas medis di puskesmas di Banda Aceh ada yang memakai jas hujan karena kelangkaan APD (dok DPR Kota Banda Aceh)
Petugas medis di puskesmas di Banda Aceh ada yang memakai jas hujan karena kelangkaan APD. (Dok DPR Kota Banda Aceh)
Banda Aceh -

Petugas medis di puskesmas di Banda Aceh, Aceh, masih ada yang menggunakan jas hujan karena alat pelindung diri (APD) terbatas. Pemerintah diminta memprioritaskan keselamatan tim medis dalam penanganan pasien Corona (COVID-19).

"Masih ada tenaga medis kita yang menggunakan baju hujan, yang belum standar, padahal sudah didistribusikan tetapi terbatas, hanya ada dua, seharusnya minimal lima," kata Ketua DPR Kota Banda Aceh Farid Nyak Umar kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Keterbatasan APD ini diketahui setelah Farid bersama sejumlah anggota DPR Kota Banda Aceh melakukan sidak pada Senin (7/4) kemarin. Mereka mendatangi dua puskesmas, yaitu Puskesmas Kuta Alam di Gampong Mulia dan Puskesmas Meuraxa.

Menurut Farid, sidak digelar untuk untuk memastikan kesiapan puskesmas dalam menjalankan tugas mereka. Selain itu, untuk memberikan masukan kepada pengambil kebijakan yaitu Wali kota Aminullah Usman dalam menangani COVID-19 di Kota Banda Aceh.

"Kita juga melihat ada beberapa fasilitas di Puskesmas yang perlu dilengkapi seperti tempat cuci tangan portabel," jelas Farid.

Peran Penting Puskesmas dalam Memantau Penyebaran Virus Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2