Pemerintah Minta 64 Kampus Bantu Pulsa Mahasiswa, Dana Diambil dari PNBP

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 07 Apr 2020 10:57 WIB
Optimalisasi Pembelajaran Daring
Ilustrasi (Dok. detikcom)
Jakarta -

Pemerintah menginstruksikan kampus-kampus membantu pulsa untuk mahasiswanya saat masa darurat virus Corona. Ada 64 kampus yang diminta pemerintah membantu pulsa mahasiswanya. Dana diambilkan dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"PNBP itu artinya dana masyarakat yang diperoleh perguruan tinggi negeri (PTN)," kata Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam, kepada detikcom, Rabu (7/4/2020).

Perintah itu disampaikan Nizam lewat surat edaran bernomor 331/E/E2KM/2020 tertanggal 6 April 2020. Ada 64 kampus yang dituju oleh surat itu. Soal pembiayaan, Nizam menjelaskan itu tergantung kemampuan tiap kampus.

"Tergantung kemampuan masing-masing perguruan tinggi. Ini sifatnya untuk bergotong-royong, saling membantu. Semua sedang susah. Sesama mahasiswa pun bisa saling membantu, yang mampu membantu yang kurang mampu, alumni bisa membantu adik-adiknya yang masih kuliah," kata Nizam.

Bila pulsa mahasiswa tercukupi, mereka bisa mengikuti kuliah daring (online) dengan lancar. Berikut ini rincian perintah Kemdikbud terkait perintah kampus-kampus membantu pulsa mahasiswanya:

1. melakukan revisi Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) untuk memberikan bantuan pulsa kepada mahasiswa;
2. membuat Surat Keputusan (SK) Pimpinan PTN untuk bantuan tersebut;
3. jumlah nominal bantuan pulsa disesuaikan dengan kebijakan PTN;
4. membuat Petunjuk Teknis Pelaksanaan Bantuan;
5. sumber dana dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP); dan
6. membuat laporan pertanggungjawaban.

Berikut ini 64 kampus yang diminta Kemdikbud membantu pulsa mahasiswanya, sebagaimana tercantum dalam lampiran daftar tujuan surat edaran tersebut:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3