7 PDP di Sidrap Positif Corona, 14 yang Negatif Lanjut Isolasi Mandiri

Hasrul Nawir - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 19:13 WIB
RSHS Bandung melakukan simulasi penanganan pasien suspect corona, Jumat (6/3/2020). Simulasi itu untuk menunjukkan kesiapan RSHS dalam menangani pasien suspect corona.
Ilustrasi penanganan pasien Corona (Wisma Putra/detikcom)
Sidrap -

Sebanyak 7 warga di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif terinfeksi Corona (COVID-19). Mereka adalah bagian dari 29 pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RS Arifin Nu'mang sejak 5 hari yang lalu.

"Iya, tadi sore sudah ada hasilnya, 7 orang dari 29 PDP dinyatakan positif," kata juru bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidrap, Ishak Kenre, saat dihubungi detikcom, Senin (6/4/2020).

Sementara itu, ada 14 PDP lainnya yang dinyatakan negatif Corona. Mereka akhirnya dipulangkan dan melanjutkan isolasi mandiri di rumah.

"Tadi siang, sudah kita pulangkan. Namun tetap dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dalam pengawasan tim," sebutnya.

Ishak menambahkan saat ini pihaknya juga masih menunggu hasil swab tenggorokan 8 PDP lainnya. "Untuk 8 PDP tersebut hasilnya belum keluar," ucap Ishak.

Sebelumnya, 29 PDP dipindahkan dari tempat isolasi yang dipusatkan di sebuah rusunawa berkapasitas 120 orang. Namun, setelah dilakukan rapid test, mereka dinyatakan positif dan langsung dipindahkan ke kamar perawatan RS Arifin Nu'mang. Sampel swab tenggorokan kemudian dikirimkan ke Makassar.

Selain 29 orang PDP, terdapat 47 warga yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) yang juga diisolasi. Mereka adalah klaster umroh dari salah satu travel.

Saat ini di Kabupaten Sidrap tercatat sudah 10 warga yang terinfeksi COVID-19, 2 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

(jbr/jbr)