Cegah Corona, Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Cuma Beroperasi Sampai Sore

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 16:46 WIB
Bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh
Bandara SIM Aceh (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh -

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh membatasi jadwal operasional demi mencegah penyebaran virus Corona. Jadwal penerbangan bakal menyesuaikan dengan jam operasional bandara.

"PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh membatasi waktu operasional dari sebelumnya pukul 06.00-22.00 WIB menjadi 08.00-18.00 WIB," kata EGM Bandara SIM, Indra Gunawan, kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Menurut Indra, penerbangan subuh dan malam hari akan menyesuaikan dengan jadwal operasional bandara. Dia mencontohkan Lion Air yang terbang pukul 06.00 WIB bakal take off pukul 08.00 WIB.

Indra mengatakan Bandara SIM yang terletak di Aceh Besar, Aceh, masih melayani berbagai penerbangan termasuk pengangkutan cargo alat medis, penanganan kesehatan serta pengangkutan sampel COVID-19. Petugas bandara, katanya, siap membantu upaya pencegahan virus Corona.

"Selain penerbangan sipil, bandara SIM siaga penuh mengantisipasi adanya alternatif untuk pendaratan darurat dan penerbangan yang mengangkut sampel infection substance COVID-19, serta pintu bagi penerbangan yang mengangkut logistik ke Aceh," jelas Indra.

Petugas di Bandara SIM juga sudah diberi pemahaman soal prosedur pencegahan penyebaran COVID-19. Pihak bandara juga sudah menyemprotkan cairan disinfektan ke area publik, memeriksa suhu tubuh penumpang serta menyediakan wastafel portabel dan hand sanitizer.

"Kita menyesuaikan jadwal operasional dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB ini juga guna memastikan penerapan physical distancing dan menjaga aspek kesehatan penumpang pesawat, pengunjung, serta pekerja di bandara," ucap Indra.

"Dengan menjalankan protokol tersebut kami berharap Bandara SIM dapat turut memutus mata rantai penyebaran sekaligus mendukung upaya dalam mengatasi COVID-19," sambungnya.

Update Kasus Corona di RI Tembus 2.491 Orang, 209 Meninggal:

(agse/haf)