Ungkap Terima 105 Ribu APD, Kepala BNPB Curhat Di-SMS Kepala RS

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 14:47 WIB
Kepala BNPB Doni Monardo (Dok. Istimewa)
Kepala BNPB Doni Monardo (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kepala BNPB Doni Monardo mengungkapkan jumlah alat pelindung diri (APD) yang diterima pemerintah pusat untuk penanganan virus Corona (COVID-19). Doni menyebut hari ini BNPB telah menerima 100 ribu APD.

"Hari ini ada tambahan lagi Pak Pimpinan (Komisi VIII DPR RI), 105 ribu APD. Jadi 2 hari terakhir saya relatif agak tenang, agak senang karena sudah tidak ada kepala rumah sakit (RS) yang kirim SMS kepada saya, bapak pimpinan," kata Doni dalam rapat dengan Komisi VIII yang digelar secara virtual, Senin (6/4/2020).

Doni pun sempat bercerita pengalamannya dihubungi kepala-kepala RS yang menangani pasien terkait virus Corona. Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 itu mengaku harus memastikan hingga dini hari bahwa RS-RS tersebut mendapatkan bantuan APD.

"Biasanya saya tiap malam harus menunggu sampai pukul 02.00 dini hari untuk memastikan RS mendapatkan APD," ungkap Doni.

Doni juga menyampaikan kembali anjuran Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai pemakaian masker. Dia mengimbau masyarakat agar memakai masker berbahan kain.

"Kemudian juga distribusi masker. Bapak Presiden juga menyetujui penggunaan masker. Tapi dari anjuran Bu Menlu, sesuai anjuran WHO bahwa masker untuk para tenaga medis, terutama dari dan perawat, jangan dipakai oleh orang biasa," sebut Doni.

"Masyarakat umum dianjurkan menggunakan masker yang berasal dari kain dan bisa diproduksi sendiri," imbuhnya.

(zak/gbr)