Instruksi Terbaru dan Pernyataan Lengkap Jokowi: Semua Harus Pakai Masker

Tim detikcom - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 10:24 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi terbaru mengenai pencegahan virus corona terbaru (COVID-19). Jokowi turut menyinggung perihal rencana pembebasan narapidana (napi) untuk mencegah penyebaran virus itu.

"Yang berkaitan dengan pembebasan bersyarat napi, ini dihubungkan dengan COVID-19, seperti di negara-negara yang lain, saya melihat misalnya di Iran membebaskan 95 ribu napi, kemudian di Brasil 34 ribu napi, di negara-negara yang lainnya juga melakukan yang sama," ujar Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/4/2020).

Namun Jokowi menegaskan bila kebijakan pembebasan napi itu tidak begitu saja dilakukan. Selain itu dia turut menyampaikan bila napi yang dibebaskan adalah napi dengan hukuman pidana umum, bukan pidana khusus apalagi korupsi.

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa mengenai napi koruptor tidak pernah kita bicarakan dalam rapat-rapat kita. Jadi mengenai PP 99/2012 tidak ada perlu saya sampaikan, tidak ada revisi untuk ini, jadi pembebasan untuk napi hanya untuk napi pidana umum," kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga menyampaikan mengenai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengenai penggunaan masker. Jokowi meminta semua masyarakat saat ini, baik yang sakit maupun yang sehat, harus mengenakan masker apabila harus keluar rumah.

"Karena di awal WHO menyampaikan dulu bahwa yang pakai masker itu hanya yang sakit, yang sehat nggak, tapi sekarang nggak. Semua yang keluar rumah harus pakai masker!" kata Jokowi.

Berikut instruksi lengkap Jokowi:

Selanjutnya
Halaman
1 2