Pemilihan Ketua MA, Hakim Agung Pakai Toga Emas Bermasker

Andi Saputra - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 10:10 WIB
Hakim agung mengenakan toga emas dan masker dalam pemilihan Ketua MA (dok. Istimewa)
Foto: Hakim agung mengenakan toga emas dan masker dalam pemilihan Ketua MA (dok. Istimewa)
Jakarta -

Pemilihan Ketua Mahkamah Agung (MA) mulai dilaksanakan di Ruang Koesoema Atmadja. Para hakim agung datang ke ruangan bertoga emas dengan memakai masker. Sebanyak 47 hakim agung akan memberikan hak pilihnya, termasuk hak dipilih.

Pemilihan itu disiarkan langsung secara online, Senin (6/4/2020). Para hakim agung yang jumlahnya 47 orang itu datang bergiliran. Begitu akan memasuki ruangan, mereka satu persatu diperiksa suhu tubuhnya.

Setelah itu, mereka duduk di kursi melingkar di ruang aula yang cukup besar itu. Jarak antar hakim agung sekitar 3 meter.

Adapun petugas pemilihan juga memakai masker dengan sarung tangan. Sebuah kotak di tengah dan bilik pencoblosan di siapkan. Saat ini masih dilakukan geladi resik.

Pemilihan ini akan memilih Ketua MA ke-14. Ketua baru akan menggantikan Hatta Ali yang menjadi Ketua MA sejak 2012 menggantikan Harifin Tumpa.

Selama menjadi Ketua MA, Hatta Ali tidak seperti para 12 Ketua MA sebelumnya, yang tetap mengadili perkara. Hatta Ali memilih menanggalkan palu dan tidak mengadili perkara sama sekali. Meski demikian, banyak hal yang belum bisa diatasinya, salah satunya soal mafia perkara di pengadilan.

(asp/jbr)