Banjir Rendam 4 Desa di Tanah Paser Kaltim, Ketinggian Capai 150 Cm

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 11:38 WIB
Banjir di Tanah Paser, Kalimantan Timur
Banjir di Tanah Paser, Kalimantan Timur (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Sebanyak empat desa di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Tanah Paser, Kalimantan Timur (Kaltim), terendam banjir. Ketinggian air mencapai 1 meter lebih.

"(Sebanyak) empat desa yang terendam banjir dengan tinggi muka air (TMA) setinggi 50-150 sentimeter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Minggu (5/4/2020).

Agus menjelaskan, banjir terjadi sejak Sabtu (4/4) karena daerah aliran sungai (DAS) Kandilo meluap. Agus mengungkapkan, DAS Kandilo tak mampu menampung debit air yang dipicu intensitas curah hujan tinggi.

Dia pun menerangkan, ada 12 RT dengan jumlah 347 keluarga atau 1.242 jiwa di Desa Batu Kajang, yang terkena dampak banjir ini. Selain itu, 3 RT dengan 1.010 keluarga atau 357 jiwa di Desa Songkak terkena dampak meluapnya DAS Kandilo.

Selain itu, warga Desa Kasungai dengan 33 keluarga atau 102 jiwa ikut terkena dampak. Desa Legai, yang dihuni 148 keluarga atau 557 jiwa juga terkena dampak banjir ini.

Tak ada korban jiwa akibat banjir ini. Kerugian akibat banjir ini pun masih dilakukan pendataan lebih lanjut.

"Menurut laporan sementara, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir. Namun beberapa rumah dan bangunan lainnya rusak karena terdampak banjir dan kerugian masih dalam pendataan lebih lanjut," pungkas Agus.

(azr/azr)