Soal Protokol Penanganan Corona, Kemendes Contohkan Desa Panggungharjo

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 05 Apr 2020 10:40 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengatakan Desa Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta, menjadi rujukan pengalaman yang patut dicontoh untuk penanganan Corona. Dalam desa tersebut, konsep gotong royong senantiasa diterapkan untuk merawat komitmen masyarakat.

"Kita belajar dari pengalaman Desa di Panggungharjo, Bantul. Kuncinya semangat gotong royong merawat berarti komitmen semua masyarakat, ada dua hal, yaitu sosial dan ekonomi," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo), KemendesPDTT, Eko Sri Haryanto, melalui siaran langsung dari kanal YouTube BNPB, Minggu (5/4/2020).

Eko menyebutkan mekanisme pendataan di Desa Panggungharjo sangat tertata, dari berapa jumlah yang terlapor sampai orang dalam pengawasan virus Corona. Eko mengatakan terlapor saat ini berjumlah 6.827 orang, 4.650 orang di antaranya dalam keadaan sehat.

"Mereka bisa tahu berapa jumlah yang lapor berapa yang lapor berarti ada 6.827 orang melapor, 4.650 orang dalam sehat," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2