Mendagri Terbitkan Instruksi soal Penanganan Corona, Minta Pemda Realokasi APBD

Kadek Melda - detikNews
Sabtu, 04 Apr 2020 12:53 WIB
Mendagri Tito Karnavian konferensi pers di gedung BNPB mengenai penanganan virus corona Covid-19.
Tito Karnavian (Foto: Puspen Kemendagri/detikcom)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan COVID-19 di lingkungan pemerintah daerah (pemda). Instruksi tersebut dibuat agar pemda mengalokasikan dana APBD untuk menangani COVID-19.

"Instruksi ini ditujukan kepada seluruh pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota, kepada seluruh gubernur, bupati, wali kota agar secara sungguh-sungguh melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2020," kata Kapuspen Kemendagri Bahtiar dalam rekaman video kepada wartawan, Sabtu (4/4/2020).

"Agar pemerintah daerah melakukan refocusing, melakukan realokasi anggaran, untuk mendukung seluruh program kegiatan dalam penanganan COVID-19. Tidak bisa ditangani dengan cara biasa, maka seluruh kekuatan sumber daya harus kita gerakkan, termasuk kekuatan sumber daya APBD," sambung Bahtiar.

Bahtiar meminta anggaran program dan kegiatan rutin yang biasa dijalankan dialokasikan untuk kegiatan lain yang mendukung penanganan COVID-19. Sebab, pertemuan dan kegiatan dengan kerumunan orang tidak memungkinkan untuk dilakukan saat ini.

"Maka program-program dan kegiatan rutin yang tidak penting, meeting-meeting, pertemuan-pertemuan dalam jumlah besar tidak mungkin kita lakukan hari ini, maka seluruh program dan kegiatan tersebut bisa dialokasi-dipindahkan menjadi kegiatan-kegiatan untuk mendukung penanganan COVID-19," ujarnya.

Bahtiar meminta pemda menunda program-program pembangunan yang tidak terlalu mendesak hingga tahun depan. Dia menyebut instruksi Mendagri ini dibuat agar pemda mengalokasikan dana APBD kepada 3 hal.

"Begitu juga program-program pembangunan yang tidak terlalu mendesak bisa ditunda pada tahun-tahun mendatang. Karena itu, Instruksi Nomor 1 Tahun 2020 meminta agar realokasi APBD diarahkan pada tiga hal," ucapnya.

Erick Thohir Pede RS BUMN Bisa Tampung 10.000 Pasien Corona:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2