Rapat dengan Mendag, Andre Pastikan Dukungan Gerindra pada Larangan Ekspor APD

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 21:40 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Malam ini Komisi VI DPR RI menggelar rapat kerja (raker) virtual dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Anggota komisi VI DPR Andre Rosi'ade memastikan dukungan partainya pada pembatasan ekspor alat pelindung diri (APD) dan sejumlah kebijakan lain.

"Pertama kalau bicara mengenai Permendag 23 (tahun 2020), dari awal kami Gerindra sudah mendukung langkah bapak untuk membatasi, melarang ekspor APD," kata Andre dalam rapat yang digelar secara online itu, Jumat (3/4/2020).

Hal kedua yang disampaikan Andre, dia mengatakan bahwa di jajaran Komisi VI telah memahami dan mengetahui bahwa Agus telah berupaya maksimal dalam upaya menstabilkan harga.

"Benar yang disampaikan teman-teman, lebih baik bapak tampil ke depan untuk menyampaikan kepada publik, ini lho hari ini. Sehingga publik bisa mendapatkan jaminan dan ketenangan dari bapak selaku menteri perdagangan," kata Andre.

"Rakyat butuh pemimpin yang menjelaskan bahwa pangan kita aman, harnya aman," sambung ketua Gerindra Sumbar ini.

Minta Mendag Cuek pada Isu di Luar

Hal selanjutnya yang disampaikan Andre adalah dia mengingatkan kepada Agus untuk selektif dalam memberlakukan kebijakan impor. Kepentingan petani lokal juga harus selalu diperhatikan.

"Terakhir, saya mendengar di media bahwa pak menteri sekarang lagi digoreng-goreng. Bahkan difitnah. Kami di Komisi VI percaya pak menteri, dan meyakini bahwa Pak Menteri kemungkinan besar tidak terlibat," tutur Andre.

"Kami memberikan semangar agar Pak Menteri dapat terus bekerja semaksimal mungkin, sehingga harga kebutuhan pokok stabil. Isu-isu mengenai bapak cuekin saja, tunjukkan saja dengan kinerja," kata Andre.

(fjp/rfs)