Pemkab Luwu Utara Realokasi APBD Rp 23 M untuk Penanganan Wabah Corona

Muhammad Riyas - detikNews
Jumat, 03 Apr 2020 18:41 WIB
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani dalam Rapat Koordinasi melalui vicon terkait Corona
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani dalam rapat koordinasi melalui video conference terkait Corona. (Muhammad Riyas/detikcom)
Luwu Utara -

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan pihaknya menyiapkan dana Rp 23 miliar untuk penanganan wabah virus Corona (COVID-19). Dana tersebut berasal dari APBD 2020 yang direalokasi.

"Sesuai instruksi Gubernur, kami telah melakukan realokasi dan refocusing APBD 2020 dan kita telah menyiapkan Rp 23 miliar untuk percepatan penanganan COVID-19," kata dia kepada Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dalam rapat koordinasi melalui video conference di ruang command center kantor Bupati Luwu Utara, Jumat (3/4/2020).

Indah menjelaskan anggaran tersebut rencananya digunakan untuk program jaring pengaman sosial. Sekitar 18 ribu keluarga menjadi target program itu.

"Kami akan mengintervensi sekitar 18.181 KK yang berada di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk dua bulan," jelas dia.

Indah menerangkan anggaran penanganan wabah Corona ini juga untuk pemberian insentif kepada para tenaga medis yang merawat para pasien Corona. Indah menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan dana untuk membeli alat pelindung diri (APD).

"Ya, untuk APD, ada kendala keterbatasan, karena memang barangnya belum ada," ungkap Indah.

Rapat koordinasi ini diikuti juga oleh Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, yang juga Kepala Pelaksana BPBD Muslim Muchtar, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Komang Krisna, Kepala Dinas Kesehatan Andi Muhammad Nasrum, dan Kepala BPKAD Baharuddin Nurdin.

(aud/aud)